Cool Blue Outer Glow Pointer

Pages

Jumat, 27 Mei 2011

Listrik statis

Hahahaha, skrg bkin post yang berhbungan ama dc 61 lagi nih.. :p

Kata “listrik” dalam bahasa inggris electric, berasal dari bahasa Yunani, elektron, yang berarti amber. Amber adalah pohon damar yang membantu, dan pengetahuan kuno membuktikan bahwa jika menggosok batang amber dengan sepotong kain, maka amber menarik potongan daun kecil-kecil atau debu.
Batang karet kertas, batang kaca, atau penggaris plastik, jika di gosok dengan sepotong kain, maka akan menunjukan efek amber, tidak lain adalah listrik statis.
Listrik statis merupakan fenomena fisika yang dapat menunjukkan adanya interaksi dari benda-benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik yang dimiliki benda-benda itu bisa bermuatan negatif maupun positif. Listrik statis terjadi karena adanya gesekan.
Contoh peristiwa listrik statis adalah ketika menyisir rambut kering, menyetrika baju nilon, menggosok batu ambar, saat mistar plastik yang di gesekkan, atau saat sedang menyetir, punggung kita menggesek tempat duduk.
Bahayanya listrik statis yaitu pada truk tangki pengangkut bahan yang mudah terbakar, dipasang rantai pada bagian bawahnya. Ini dimaksudkan agar listrik statis yang timbul karena gesekan ban dengan jalan dapat dinetralkan sehingga tidak membahayakan muatan tangki.

Listrik statis dapat di cegah dengan cara :
1.Menyentuh atap mobil sebelum kaki menyentuh tanah saat hendak keluar dari mobil.
2.Menyentuh permukaan tanah sebelum membuka pintu ketika hendak masuk ke dalam mobil.
3.Memegang dinding saat hendak membuka pintu kamar.
Lakukan dengan seluruh bagian tangan terbuka, sehingga listrik statis akan mengalir keluar.

Sedangkan penggunaan listrik statis yang menguntungkan ada pada saat pengecatan mobil, agar mobil dapat dicat dengan rata, maka badan mobil diberi muatan listrik yang berbeda dengan muatan listrik pada cat. Dengan demikian cat dapat menempel kuat dan merata pada mobil, dan juga pada mesin fotokopi, mesin fotokopi memanfaatkan konsep listrik statis dan optik. Mesin ini memanfaatkan sifat unik dari logam selenium, yaitu dapat menghantarkan listrik ketika terkena cahaya dan tidak menghantarkan listrik ketika tidak terkena cahaya.

Mudah2an bermanfaat bagi yang ngebaca, yg alim alim, yg banyak dosa :p, yang udah tua, yang masih bocah, yang baru ABeGe, nyahahahaha.. XD

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template designed using Qieqha