Cool Blue Outer Glow Pointer

Pages

Sabtu, 02 Juli 2011

Kue pohon

Nah, postingan ini yang terakhir buat hari ini, hahahaha, yang terakhir harus yg enak2 dong, fufufu, kue ini ada di conan file 781, cekidot!


Selain terkenal dengan masakan khas seperti sashimi dan sushi, Jepang ternyata memiliki satu jenis kue lapis yang sudah berumur lebih dari 50 tahun, yang di sebut Baumkuchen.

Baumkuchen atau "Kue Pohon" adalah kue khas Jerman yang populer pada saat perayaan penting dan pesta pernikahan. Bentuknya seperti menara dengan cincin tak rata berlapiskan coklat putih atau hitam. Kue ini berasal dari kota Salzwedel di Jerman dan diciptakan tahun 1820. Baumkuchen terbuat dari lapisan mentega yang disusun di atas putaran kayu di depan api. Perlu keahlian khusus untuk membangun 15 lapis jenis campuran bahan yang kemudian dipotong untuk membentuk cabang-cabang pohon. Baumkuchen juga dikenal sebagai The King of Cakes.
Karena menggunakan bahan baku yang rendah lemak, rendah gula, dan rendah kalori itulah, rasa dari kue baumkuchen tidak terlalu manis dan juga tidak enek. Penggunaan alat masak dengan pengaturan suhu dan adonan yang tepat membuat kue ini sangat lembut teksturnya.
Karakteristik dari kue ini adalah lapisan-lapisan keemasan yang muncul ketika kue ini sudah dipotong, yang menyerupai bentuk lingkaran-lingkaran cincin emas seperti batang pohon setelah ditebang. Inilah yang membuat kue ini mendapat nama Jermannya: baumkuchen, yang diterjemahkan menjadi tree cake atau log cake atau "kue pohon".
Di Jepang, secara tradisional, baumkuchen dibuat di atas batang besi yang diputar di atas panggangan dengan cara melapiskan lapisan adonan dengan kuas yang rata sambil diputar di atas panggangan. Setiap lapis dibiarkan berputar sampai lapisan tersebut berubah menjadi warna agak kecoklatan sebelum lapisan adonan yang baru dilapiskan lagi di atasnya.
Sewaktu kue sudah dipotong dan dikeluarkan dari batang besi tersebut, setiap layernya menjadi terbagi dari layer setelahnya dengan garis yang bulat menyerupai cincin berwarna keemasan. Membuat kue ini berbentuk menyerupai isi dan sebuah batang pohon yang sudah dipotong.
Biasanya lapisan dari kue baumkuchen berjumlah 15-20 lapis. Di Jepang, baumkuchen digunakan sebagai jamuan dan oleh-oleh untuk tamu. Tidak ada momen khusus untuk dapat menikmati kue ini. Kini, dengan berkembangnya teknologi, alat masak untuk baumkuchen sudah berkembang, tak lagi menggunakan batang besi tradisional, melainkan alat oven khusus dengan batang besi yang berputar otomatis.
Kalo ada yang mau beli ini kue, ada yang jual di indonesia lho, letaknya di di Jalan Kemang Raya Nomor 31, Jakarta Selatan. Nama tokonya Otaru Baumkuchen, huahahaha, jadi pengen saya, oiya, situs onlennya : www.otarucakes.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template designed using Qieqha